Home / KKF FOOD / Theodora Agni: Kalau Bingung Bisa Custom, Asiikk

Theodora Agni: Kalau Bingung Bisa Custom, Asiikk

Minggu, 26 Februari 2017 sekitar pukul 15.30.
Hujan sejak pagi membuat Kedai Kebun Forum (KKF) nampak sendu. Sejak jam 11.00 hanya 2 meja terisi tamu bule yang diam bekerja dengan laptop. Kami semua mengantuk. Saya berharap ada kawan datang dengan membawa cerita. Rupanya alam mendengar. Agni datang!! Dia membuat suasana segar kembali. Begitu datang Agni langsung menuju meja kasir dan meminta buku menu. Tak perlu waktu lama untuk memilih, dia memesan Nasi Ayam untuk makan siangnya yang terlambat. Saya suka Agni, orangnya selalu ceria, kalau sedang sedih cepat kembali ceria. Theodora Agni, gadis muda yang enerjik ini bekerja sebagai pengelola program residency seniman di Rumah Seni Cemeti. Tahun lalu, dia diundang ke Taiwan untuk berbagi pengalamannya mengelola program residency di lembaganya itu. Agni juga aktif dalam forum pekerja manajemen ruang seni.

“Sebetulnya laparnya sudah dari tadi, tapi kami serumah bingung mau makan apa, semua pada tidak punya ide, terus gak makan-makan. Aku ke sini saja, asiknya KKF kalau bingung bisa custom”, katanya sambil memantapkan posisi duduknya. “Aku minta sambal bawang, sambal bawangnya sini enak”, susulnya. Ya… aslinya, sambal pasangan Nasi Ayam KKF adalah Sambal Terasi tetapi beberapa pelanggan sering minta dibuatkan sambal suka-suka mereka.

Custom sambal adalah jenis custom biasa, bukan permintaan neka-neka bagi kami. Lain waktu saya akan ceritakan customan aneh-aneh dari pelanggan kami.

Omong-omong tentang sambal yang menambah selera dan nikmat makan bagi orang Indonesia. Ada banyak macam sambal di Indonesia dan tiap-tiap daerah punya khas masing-masing. Sambal di Padang berbeda dengan sambal Makassar. Sambal Terasi Yogya berbeda dengan Sambal Petis Jawa Timur, meskipun Terasi dan Petis sama-sama terbuat dari udang. Sambal Bali berbeda dengan Sambal Sunda. Dan masih banyak lagi. Sekarang banyak dijual sambal siap santap yang lebih personal di swalayan-swalayan, diberi merek pembuatnya, contoh: Sambal Bu Rudi dari Surabaya. Sambal Bu Rudi terkenal dan bahkan sudah menjadi semacam oleh-oleh khas Surabaya. Sambal juga tidak dimakan sembarangan. Sambal tertentu cocok untuk makanan tertentu pula.

Tentang sambal di KKF, beruntung jika tanaman kecombrang KKF sedang berbunga, dipastikan hari itu akan ada Sambal Kecombrang… nom nom nom nom .. usap keringat di dahi  mantaaabbb

Seporsi Nasi Ayam KKF isinya nasi, ayam goreng, tempe goreng dengan topping bawang bombay cincang yang ditumis dengan mentega, sambal terasi, dan lalapan. (Yustina Neni)

About kedai kebun

Check Also

Aktivis Lingkungan & Bakwan Jagung

Tiba-tiba Agus Hartono dan istrinya muncul di Kedai Kebun Forum (KKF), kami senang sekali dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *