Home / KKF ART / Soul Kitchen

Soul Kitchen

Pemutaran Film :
“Soul Kitchen”
Kerjasama Kedai Kebun Forum (KKF) dengan Goethe Institut Jakarta

Rabu, 2 Desember 2015
Jam 19:00 WIB
Di Ruang Pertunjukan (Lt. 2) KKF
Terbuka untuk umum & GRATIS

SINOPSIS

SOUL KITCHEN

Sutradara: Fatih Akin, 2009, 99 menit, feature film, berbahasa Jerman dengan subtitle bahasa Inggris
Pemain: Adam Bousdoukos, Moritz Bleibtreu, BirolÜnel, Pheline Roggan, Wotan WilkeMöhring, Monica Bleibtreu, Udo Kier, Peter Lohmeyer

Setelah “Gegen die Wand” (Terpojok) dan “Auf der anderen Seite” (Di seberang) yang sama-sama berupa drama, Fatih Akin menyajikan karya komedi yang ramai. Seorang pemilik restoran Jerman keturunan Yunani harus mempertahankan “Soul Kitchen”, kedainya di kota Hamburg, yang berkembang menjadi restoran trendi, melawan spekulan properti, kantor pajak, dan saudara laki-lakinya yang gemar berjudi.

“Soul Kitchen” di kawasan Hamburg-Wilhelmsburg bukanlah restoran adiboga. Di sanalah Zinos (Adam Bousdoukos), seorang warga Jerman keturunan Yunani, menghidangkan perkedel ikan dengan salad kentang, steak daging cincang ala Hawaii dan pasta panggang kepada para pelanggannya. Kedai yang tenang dan tentram di bekas bangunan industri itu juga memutar musik yang bagus: Soul, funk, rembetiko. Kemudian Zinos terisap ke dalam pusaran nasib buruk: Pacarnya, Nadine (Pheline Roggan), perempuan cantik dari keluarga kaya, pindah ke Shanghai sebagai koresponden luar negeri. Zinos sendiri terkena masalah tulang punggung ketika mencoba mengangkat sebuah mesin cuci. Kantor pajak menagih pembayaran yang sudah lama jatuh tempo. Seorang petugas dari departemen kesehatan mengancam akan menutup restoran milik Zinos. Juru masak baru yang eksentrik, Shayn (Biro Ünel), bisa membuat hidangan yang fantastis, tetapi tidak akur dengan para pelanggan lama. Spekulan properti bernama Neuman (Wotan Wilke Möhring) mendesak Zinos untuk menjua lrestorannya.

Untung saja sebuah sekolah musikal lalu buka di sebelah, dan para tamu baru sangat suka masakan Shayn. Tiba-tiba saja keadaan berbalik, dan “Soul Kitchen” pun menjadi restoran yang trendi. Tetapi kegembiraan itu tidak bertahan lama, sebab Nadine menemukan kekasih baru dan berpisah dari Zinos, dan saudara laki-laki Zinos, Illias (Moritz Bleibtreu), yang baru saja diangkat sebagai manajer “Soul Kitchen”, mempertaruhkan restoran itu ketika berjudi dengan Neumann dan ternyata kalah. Dunia serasa kiamat bagi Zinos, sampai ia jatuh cinta lagi dan menemukan kesempatan untuk merebut kembali “Soul Kitchen”.

Kritik dan rekomendasi

Sementara penonton yang mengagumi karya-karya drama Fatih Akin yang keras dan menegangkan berpendapat bahwa “Soul Kitchen” terlalu ramah dan tentram. Namun justru itu yang oleh sebagian besar penulis resensi dipuji sebagai kemampuan untuk menghadirkan perasaan akrab dan bersahabat. Komentar Akin bahwa “Soul Kitchen” merupakan “film mengenai kampung halaman yang berbeda dari biasanya” dibenarkan oleh para kritikus. Surat kabar “Süddeutsche Zeitung” menyatakan: “Film ini merupakan pernyataan Akin kepada Hamburg, kota-‘nya’, berikut semua sudut yang kotor maupun yang nyaman. Tempat-tempat yang belum tersentuh oleh upaya memaksimalkan laba dan terancam lenyap. Oleh Akin, kondisi ini dihadapkan dengan keluarga pengganti multi budaya yang berwarna-warna – serta kegembiraan hidup yang secara jujur dilebih-lebihkan sampai menyerupaid ongeng.”

Biografi Fatih Akin

Lahir tahun 1973 di Hamburg-Altona sebagai putrai migran Turki. Ayahnya, yang datang ke Jerman pada tahun 1965, bekerja di perusahaan cuci karpet, sementara ibunya menjadi guru sekolah dasar. Semasa sekolah Fatih aktif dalam kelompok teater, menulis cerita pendek dan skenario, serta mencoba-coba membuat film dalam format Super8. Setelah lulus SMA, kuliah komunikasi visual di Sekolah Tinggi Seni Rupa Hamburg dari tahun 1994 sampai 2000. 1998 debut film cerita dengan “Kurz und schmerzlos” (Singkat dan tanpa derita). Tahun 2003 ia mendirikan rumah produksi film Corazón International bersama Andreas Thiel dan Klaus Maeck. Tahun 2004 ia meraih sukses besar dengan film ceritanya yang keempat “Gegen die Wand” (Hadiah Beruang Emas Berlinale, Penghargaan Film Jerman, Penghargaan Film Eropa), yang sekaligus mengantarkannya ke kancah internasional. Tahun 2005 anggota juri Festival Film Cannes, tempat ia memenangkan penghargaan untuk skenario terbaik dengan “Auf der anderen Seite” pada tahun 2007. “Soul Kitchen” pertama kali diputar tahun 2009 pada Festival Film Venezia dan meraih penghargaan khusus dari juri.

About kedai kebun

Check Also

Monolog LIAR vol.07: POO POO POO

LIAR vol.07: (“POO POO POO”) oleh Tamara Pertamina Monolog ini dalam bahasa Indonesia dengan surtitle …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *