Home / KKF ART / Pemutaran Film dalam Rangka “25 Years Reunification in Film” – German Film Club, Kerjasama KKF & Goethe Institut Jakarta

Pemutaran Film dalam Rangka “25 Years Reunification in Film” – German Film Club, Kerjasama KKF & Goethe Institut Jakarta

poster-film-25th-reunifikasi-rz-600

Pemutaran Film dalam Rangka
“25 Years Reunification in Film”
Kerjasama Kedai Kebun Forum (KKF) dengan Goethe Institut Jakarta

Rabu dan Kamis, 7 & 8 Oktober 2015
Jam 19:00 WIB & 21:00 WIB
Di Ruang Pertunjukan (Lt. 2) KKF
Terbuka untuk umum & GRATIS

SINOPSIS

Rabu, 7 Oktober 2015, 19:00 WIB

Bornholmer Straße (Jalan Bornholm)

Sutradara: Christian Schwochow, 2014, 88 menit, komedi,  berbahasa Jerman dengan subtitle bahasa Inggris
Pemain: Charly Hübner, Milan Peschel, Rainer Bock, Max Hopp, Ludwig Trepte, Ulrich Matthes, Frederick Lau

9 November 1989: Para tentara yang berjaga di pos perlintasan perbatasan Bornholmer Straße dan rekan-rekan mereka dari bea cukai sedang bingung mendengarkan pengumuman yang dibacakan oleh Günter Schabowski, anggota politbiro Komite Sentral Partai Persatuan Sosialis, di konferensi pers yang disiarkan lewat televisi: Mulai sekarang semua warga Jerman Timur dapat mengajukan permohonan untuk melakukan perjalanan pribadi ke negara-negara Barat. Banyak orang larut dalam kegembiraan dan tidak menyadari bahwa untuk itu diperlukan paspor dan visa: Mereka langsung menuju pos perlintasan perbatasan terdekat. Letkol Schäfer dan anak buahnya belum menyadari apa yang menanti mereka pada malam ini. Pada akhirnya mereka akan membuka perbatasan – dan itulah awal dari akhir Republik Demokratik Jerman.

Bornholmer Strasse merupakan komedi di ambang keputusasaan yang sarat ironi dan di luar dugaan sangat menyentuh mengenai sekelompok pahlawan yang sama sekali tidak bermaksud menjadi pahlawan.

Rabu, 7 Oktober 2015, 21:00 WIB

Feindberührung (Kontak dengan Musuh)

Sutradara: Heike Bachelier, 2010, 92 menit, dokumenter, bahasa Jerman dengan subtitle bahasa Inggris

Dua lelaki berbicara mengenai masa lalu mereka di Jerman Timur. Yang satu ialah orang puncak di dinas keamanan negara dan yang satunya ialah korban dari dinas ini. Bersama-sama mereka membahas dan menyaring akte lama milik dan tampaknya mereka kagum pada kekejian mata-mata, mengenai cerita mereka sendiri tentang persahabatan dan pengkhianatan, rasa salah dan pengampunan. Perang mereka sudah berakhir.

Kamis, 8 Oktober 2015, 19:00 & 21:00 WIB

Der Turm
(Menara)
part 1 & 2

Sutradara : Christian Schwochow, 2012, 2 x 90 menit, feature film, bahasa Jerman dengan subtitle bahasa Inggris
Pemain : Jan Josef Liefers, Sebastian Urzendowsky, Claudia Michelsen, Götz Schubert, Nadja Uhl

Sebuah kisah keluarga dari tahun-tahun terakhir Jerman Timur. Ahli bedah Richard Hoffmann sudah lama menyesuaikan diri secara oportunistis dengan sistem yang berlaku, tetapi cara hidupnya membuat ia dapat diperas oleh polisi rahasia, atau Stasi. Christian, putra Richard, berhasil lulus SMA meskipun terlibat sejumlah konflik. Ia lalu mengalami masa yang sulit dan berakibat panjang ketika berdinas di Tentara Rakyat. Pamannya yang bernama Meno, seorang editor, kadang-kadang hanya dengan setengah hati menentang ketentuan sensor yang ditetapkan oleh negara. Runtuhnya Tembok Berlin pada bulan November 1989 dirasakan sebagai pembebasan oleh para protagonis. Film ini merupakan adaptasi dari novel Uwe Tellkamp berjudul sama meskipun tidak menyajikan panorama seluas karya yang menjadi acuannya itu, termasuk peristiwa besar pertelevisian Jerman di tahun 2012.

About kedai kebun

Check Also

Pameran Tunggal “Gombal” oleh Arwin Hidayat

“Gombal” Pameran Tunggal Arwin Hidayat Pengantar oleh Agung Kurniawan, Direktur Artistik KKF Mau tidak mau, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *