Home / KKF ART / Pameran Tunggal “Millennial Dopamine” oleh Tempa Studio

Pameran Tunggal “Millennial Dopamine” oleh Tempa Studio

“Millennial Dopamine”

Pameran Tunggal Tempa Studio

Pengantar

Ketertarikan duo Tempa, Putud dan Rara, terhadap tema identitas dan ruang membuat karya-karya mereka mengarah pada hal-hal yang menyangkut generasi millennial. Generasi millennial adalah generasi yang lahir di awal tahun 90-an dan tumbuh dewasa di era 2000an. Tempa adalah bagian dari generasi tersebut. Pada dasarnya hampir semua hal yang kita rasakan di sekitar memiliki “filter”, di mana fungsi “filter” itu sendiri adalah mengaburkan realitas yang sebenarnya. Generasi millennial tumbuh besar di era yang instan dan dipermudah segala sesuatunya. Generasi ini memiliki keharusan untuk mendapatkan apa yang diinginkan, bukan semata karena butuh atau memiliki nilai lebih, namun hanya karena ingin.

Generasi millennial sangat pandai memperlihatkan kepada publik bahwa hidup sangatlah menyenangkan. Kutipan seperti live win die old, let’s get lost dsb, adalah ekspresi kesenangan, meskipun pada realitanya mereka mengalami suatu kesedihan atau bahkan depresi. Generasi ini banyak bersinggungan dengan media sosial. Relasi yang diciptakan di media sosial melalui smartphone, seperti chatting, texting, unggah foto/video, streaming video, video call untuk mendapatkan like dan follower adalah segalanya bagi generasi ini. Aktivitas tersebut membuat mereka mengeluarkan dopamin yang menimbulkan perasaan senang, bahagia dan menjadi mood booster. Aktivitas bermedia sosial inilah yang secara tidak sadar menimbulkan pengaruh buruk, seperti tindakan menghakimi secara sepihak menjadi hal yang sporadis di generasi ini hanya karena sebatas pemahaman yang mereka dapatkan di layar smartphone mereka. Fenomena tersebut juga membuat generasi millennial mengabaikan kesederhanaan dalam sebuah proses panjang, sebagai contoh adalah kebutuhan menabung untuk membeli tanah/rumah (mengingat harga tanah di Jogja semakin “yaampun…”). Setidaknya membelanjakan uang untuk materi yang memiliki fungsi jangka panjang harusnya lebih dipikirkan daripada untuk materi dengan fungsi jangka pendek. Gagasan tersebut membuat Tempa terdorong untuk menciptakan karya/artefak sebagai kritik untuk diri sendiri dan sebagai penanda zaman karena mereka sedang terjaga dan melihat dari kejauhan sebuah arus millenial.

Tentang Tempa Studio

TEMPA merupakan kolaborasi antara Putud Utama dan Rara Kuastra. Sejak akhir tahun 2015 memutuskan untuk berkolaborasi dalam berkarya, baik karya seni rupa maupun karya desain yang bernama TEMPA Graphic Art Studio.

Pameran Tunggal “Millennial Dopamine” oleh Tempa Studio
Pembukaan : Jumat, 5 Mei 2017, jam 19:00 WIB
di Ruang Pamer KKF

Pameran berlangsung s.d 26 Mei 2017

Terbuka untuk umum dan GRATIS
Setiap hari jam 11:00 WIB – 21:00 WIB
(KKF tutup setiap hari Selasa)

Info lebih lanjut hubungi Uniph 0857-2580-9139

About kedai kebun

Check Also

Pameran Tunggal “Gombal” oleh Arwin Hidayat

“Gombal” Pameran Tunggal Arwin Hidayat Pengantar oleh Agung Kurniawan, Direktur Artistik KKF Mau tidak mau, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *