Home / KKF ART / Pameran Tunggal “Cebolang Minggat” oleh Enkankomr

Pameran Tunggal “Cebolang Minggat” oleh Enkankomr

“Cebolang Minggat”

Pameran Tunggal Enkankomr

Pengantar

Enkankomr, atau yang akrab disapa Enka, sejak tanggal 5 Oktober 2017 melakukan proses eksplorasi terhadap sosok Cebolang sebagai tokoh yang diminatinya dalam novel Serat Centhini, di ruang galeri Kedai Kedai Forum. Kepindahan studio yang awalnya hanya di kamar kosnya tersebut membuat Enka bertemu juga dengan beberapa seniman yang kemudian memperkaya pengetahuannya tentang Cebolang dan Serat Centhini. Penerjemahan Cebolang ke dalam bahasa visual ilustrasi telah dilakukan Enka dalam kurun waktu yang bisa dibilang cukup singkat.

Minggatnya Cebolang yang berawal dari rasa malu dan putus asa atas parasnya yang tampan jelita, justru memberikan pengalaman yang semakin menjadi akan seksualitas lelaki dengan perempuan dan lelaki dengan lelaki. Penceritaannya berkebalikan dengan pandangan masyarakat Jawa yang menganggap seksualitas sebagai hal yang tabu dan tidak perlu dibicarakan. Seksualitas dalam pengembaraan Cebolang ini justru dipaparkan secara gamblang. Wejangan spiritual yang bijak bercampur menjadi satu dengan kisah erotisme. Di pameran ini, kisah pengembaraan Cebolang tersebut diterjemahkan Enka dalam kertas berukuran poster dengan warna hitam putih.

Tentang Enkankomr

ENKANKOMR atau akrab disapa Enka. Nama “nkomr” diambil dari nama ibunya, Komariah,juga sebagai tagging muralnya sejak tahun 2010. Enka lahir di Klaten, Jawa Tengah. Aktivitas Enka dalam kesenian adalah mural, printmaking silkscreen, dan dominan pada kerja ilustrasi. Pernah sekali ia mendapat penghargaan Dies Natalis Seni Grafis tahun 2013 di ISI YK. Enka mengikuti beberapa kolektif seni, diantaranya Barasub (komik), Gegerboyo (mural), dan Beresyit (ilustrasi).

Pameran Tunggal “Cebolang Minggat” oleh Enkankomr
Pembukaan & Penutupan: Minggu Kliwon, 22 Oktober 2017, jam 19:00 WIB
di Ruang Pamer KKF

Terbuka untuk umum dan GRATIS

Info lebih lanjut hubungi Uniph 0857-2580-9139

About kedai kebun

Check Also

Pameran Arsip Project Milisi Fotocopy 2011 – 2016 : “Ngluruk”

“Ngluruk” Pameran Arsip Proyek Milisi Fotocopy 2011 – 2016 Pengantar Milisi Fotocopy adalah sebuah kolektif …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *