Home / KKF ART / Pameran Museum Tanpa Tanda Jasa

Pameran Museum Tanpa Tanda Jasa

img_4864_20161022_resize
Dokumentasi Kedai Kebun Forum

Pameran proyek seni rupa Museum Tanpa Tanda Jasa (MTTJ) dibuka di ruang galeri Kedai Kebun Forum (KKF) pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016, pukul 19.00 WIB. Pameran MTTJ adalah pameran seni rupa yang berbasis arsip. Arsip terhadap karya-karya seni rupa di era Reformasi yang pernah dianggap meresahkan oleh beberapa elemen masyarakat, seperti warga atau perorangan, organisasi massa, dan aparatur negara. Karya-karya ini dianggap “tidak baik” karena mengangkat isu-isu dan tema-tema yang lekat dengan unsur pornografi, komunis, dan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Ada 8 contoh kasus pelarangan karya seni rupa yang ditampilkan dalam pameran ini. Karya-karya yang kemudian dirusak, digudangkan dan bahkan dimusnahkan tersebut yaitu patung Tiga Mojang karya Nyoman Nuarta, They Give Evidence karya Dadang Christanto yang dikait-kaitkan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI), dan Peminta Hujan karya Marta Jiraskova seorang seniman Cekoslovakia. Kemudian lukisan I Feel Fine, Thank You karya Pius Sigit Kuncoro, The Indonesian Idea karya Galam Zulkifli, dan Lurung Kamulyan karya Petrus Agus Herjaka. Ada pula karya instalasi Special Prayer for the Dead Tisna Sanjaya dan Pinkswing Park karya Agus Suwage dan Davy Linggar.

Pameran ini dikemas dalam bentuk dokumentasi, dengan memajang kliping berita, foto, instalasi video, dan replika dari karya-karya kontroversial tersebut.

Museum Tanpa Tanda Jasa adalah sebuah museum keliling yang digagas oleh Aliansyah Chaniago, Fajar Abadi RDP, Grace Samboh, Jim Allen Abel, Julian Abraham ‘Togar’, Maryanto, dan Tamara Pertamina. Bermula dari sejumlah keresahan akan stabilitas gagasan dan perilaku demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat hari ini dan mempertanyakan ulang makna demokrasi itu sendiri dari sudut pandang ranah seni rupa. Menyentil terminologi demokrasi yang (seolah-olah) memberi kebebasan kepada setiap individu, dalam hal ini publik seni rupa, untuk berkarya dan menghasilkan karya seni yang pada kenyataannya tetap terbentur dengan kompromi atas nama azas-azas, dan mengesampingkan kesetaraan.

MTTJ di KKF adalah rangkaian yang kedua setelah sebelumnya dipamerkan di ROH Projects, Jakarta, 17 September – 8 Oktober 2016 lalu. Selanjutnya museum ini akan “berkeliling” ke wilayah lain seperti Makasar, Surabaya, Bali, dan yang terdekat Desember nanti di Bandung. Kedepannya proyek ini bercita-cita untuk lebih banyak lagi orang yang terlibat, tak hanya masyarakat seni tetapi juga beragam kalangan dan lintas disiplin. Pameran MTTJ akan berlangsung di galeri KKF dan terbuka untuk umum sampai dengan 11 November 2016. |Yumaya Mija|

img_4811_20161022_resize
Dokumentasi Kedai Kebun Forum

About kedai kebun

Check Also

Pameran Tunggal “Gombal” oleh Arwin Hidayat

“Gombal” Pameran Tunggal Arwin Hidayat Pengantar oleh Agung Kurniawan, Direktur Artistik KKF Mau tidak mau, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *