Home / KKF ART / Monolog LIAR vol.06: DOCTOR

Monolog LIAR vol.06: DOCTOR

liar

LIAR vol.06: DOCTOR

Sabtu, 10 December 2016
19.30 WIB (pintu ditutup jam 20.00 wib)
Kedai Kebun Forum, Jl. Tirtodipuran no.3 Yogyakarta

HTM Rp. 15.000,-

Reservasi tiket ke forumkedaikebun@gmail.com atau 085725809139

PERTUNJUKAN AKAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS (DENGAN SURTITLE INDONESIA)

UNTUK SEMUA UMUR

LIAR vol.06: DOCTOR
Pencerita: ILLYA SUMANTO

Illya Sumanto adalah seorang herbalis yang telah mementaskan puisi dan teater lisannya keliling dunia bersama dengan penyair-penyair wanita kuat lainnya. Illya telah mengadakan seri seminar puisi di The Cooler Lumpur Festival (Malaysia), ASEAN literary Festival (Jakarta) dan di Ubud, Bali. Baru-baru ini, dia memenangkan Ubud Writers Readers Festival Poetry Slam 2016. Sebagai penyair-aktivis yang menggunakan seni untuk menginspirasi anak-anak untuk menjadi agen perubahan sosial, Illya menerima penghargaan dari fakultas pendidikan University of Malaya untuk pencapaian dan kontribusinya kepada ranah edukasi.

Sinopsis
Beberapa lelaki albino telah dibunuh dan bagian tubuhnya diambil karena dipercaya bisa mendatangkan kekayaan dan keberuntungan.
Siapa yang harus disalahkan?
Wanita yang terobsesi membersihkan kandang kucingnya?
Atau seorang dokter yang menulis puisi sebagai obat konstipasi pasiennya?

DOCTOR adalah pertunjukan teater lisan yang mengilustrasikan perjalanan Illya Sumanto untuk menjadi seorang herbalis. Menurutnya, tugas seorang wanita adalah untuk mengembalikan kemuliaan bumi, kemuliaan para ibu dan cerita-cerita mereka. Sebagai keturunan ahli ramuan dan mak inang, Illya ingin mengeksplorasi perannya sebagai penjaga kebijaksanaan alam yang sedang sekarat.

Tentang Liar
http://liarproject.wordpress.com/
projectliar@gmail.com

Awalnya, kami sempat berpikir, kalau semua manusia bisa berakting, karena kita semua selalu berbohong. Akan tetapi, kami disadarkan, bahwa seorang manusia tidak perlu berakting untuk memberikan pertunjukan yang baik. Yang diperlukan hanya keikhlasan dalam bercerita. Oleh karena itu, inisiatif pertunjukan ini diadakan.

liar, bisa dibaca sebagai sesuatu yang tidak mengikuti aturan, bisa juga dibaca dalam bahasa inggris yang artinya pembohong. Kami menyerahkan kebebasan penuh pada anda untuk mengartikan “liar” ini. liar, adalah sebuah inisiatif pertunjukan rutin yang akan diadakan setiap tiga bulan, dimana kami mengundang orang-orang untuk bercerita dan mendengarkan cerita dalam posisi mereka sebagai manusia yang sesungguhnya.

Ketika seseorang ditaruh di depan publik untuk bercerita, dia akan berada dalam satu posisi yang tidak pasti. Yang bercerita tidak tahu apa yang akan menjadi respon penonton. Sebaliknya, ketika penonton duduk untuk menyaksikan seseorang bercerita, dia pun berada dalam ketidakpastian dimana dia tidak tahu apakah cerita yang dibawakan menarik atau tidak. Namun seringkali, kita malah menutup-nutupi dan mematikan rasa dalam diri kita.

Kasus yang paling umum adalah, pencerita akan kemudian berakting berlebihan mencoba menjadi pribadi yang lain, untuk melarikan diri dari ketidakpastian ini, sedangkan penonton akan sengaja menutup-nutupi ketidakpastian ini dengan membawa segudang ekspektasi dan prediksi ketika menonton sebuah acara, dan ketika acara itu melenceng dari ekspektasinya, penonton pun akan merasa dikhianati.

Segala proses kreasi adalah bentuk ketidakpastian. Kita tidak pernah tahu apakah proses ini akan menghasilkan sesuatu, akan tetapi kita tetap menjalaninya. Sebab kita percaya, jika kita berhasil, kita berhasil dengan bangga, dan jika kita gagal, kita pun gagal dengan mulia.
Mengapa kita harus selalu berlindung dibalik semua lenong seperti ini, padahal ketidakpastian adalah suatu hal yang keberadaannya sangat penting di hidup ini? Hubungan antar manusia selalu diawali dengan ketidakpastian. Ketika kita menyerah kepada ketidakpastian, ia akan kemudian memberikan kita kesempatan untuk mempercayai. liar mengajak kita semua untuk menyerah kepada ketidakpastian dan meraih kesempatan untuk saling mempercayai.

About kedai kebun

Check Also

Pemutaran Film “Schönefeld Boulevard” – German Film Club

German Film Club Rabu, 5 April 2017, 19.00 WIB Ruang Aula, Kedai Kebun Forum Jl. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *