Home / KKF ART / Monolog LIAR vol.05: 40

Monolog LIAR vol.05: 40

poster-liar
LIAR vol.05: 40

Sabtu, 29 Oktober 2016
19.30 WIB (pintu ditutup jam 20.00 wib)
Kedai Kebun Forum, Jl. Tirtodipuran no.3 Yogyakarta

HTM Rp. 15.000,-
Reservasi tiket ke forumkedaikebun@gmail.com atau 085725809139

LIAR vol.04: 40
Penampil: Henricus Benny Hendriono

Benny memulai karirnya dengan teater ketika di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur. Sejak 1993 sampai tahun 2000, Benny sudah berproses dalam banyak pertunjukan teater, sambil bekerja full time sebagai jurnalis. Pada tahun 2013, Benny pindah ke Jogjakarta, dan di tahun 2015 dia memutuskan untuk kembali ke dunia teater dengan bergabung bersama Teater Suluh dan sanggarbambu. Sekarang Benny mempunyai kelompok teater sendiri ‘Jam Malam Yogyakarta’

Sinopsis

40, sebuah angka, sebuah simbol yang penting untuk Benny. 40 adalah awal mula. 40 adalah keputusan terakhir. 40 adalah sebuah harapan. Yang dia butuhkan bukan keraguan, tapi hanya doa dan restu.

Tentang Liar

http://liarproject.wordpress.com/
projectliar@gmail.com

Awalnya, kami sempat berpikir, kalau semua manusia bisa berakting, karena kita semua selalu berbohong. Akan tetapi, kami disadarkan, bahwa seorang manusia tidak perlu berakting untuk memberikan pertunjukan yang baik. Yang diperlukan hanya keikhlasan dalam bercerita. Oleh karena itu, inisiatif pertunjukan ini diadakan.

Liar, bisa dibaca sebagai sesuatu yang tidak mengikuti aturan, bisa juga dibaca dalam bahasa inggris yang artinya pembohong. Kami menyerahkan kebebasan penuh pada anda untuk mengartikan “liar” ini.
Liar, adalah sebuah inisiatif pertunjukan rutin yang akan diadakan setiap tiga bulan, dimana kami mengundang orang-orang untuk bercerita dan mendengarkan cerita dalam posisi mereka sebagai manusia yang sesungguhnya. Ketika seseorang ditaruh di depan publik untuk bercerita, dia akan berada dalam satu posisi yang tidak pasti. Yang bercerita tidak tahu apa yang akan menjadi respon penonton. Sebaliknya, ketika penonton duduk untuk menyaksikan seseorang bercerita, dia pun berada dalam ketidakpastian dimana dia tidak tahu apakah cerita yang dibawakan menarik atau tidak. Namun seringkali, kita malah menutup-nutupi dan mematikan rasa dalam diri kita.Kasus yang paling umum adalah, pencerita akan kemudian berakting berlebihan mencoba menjadi pribadi yang lain, untuk melarikan diri dari ketidakpastian ini, sedangkan penonton akan sengaja menutup-nutupi ketidakpastian ini dengan membawa segudang ekspektasi dan prediksi ketika menonton sebuah acara, dan ketika acara itu melenceng dari ekspektasinya, penonton pun akan merasa dikhianati.

Segala proses kreasi adalah bentuk ketidakpastian. Kita tidak pernah tahu apakah proses ini akan menghasilkan sesuatu, akan tetapi kita tetap menjalaninya. Sebab kita percaya, jika kita berhasil, kita berhasil dengan bangga, dan jika kita gagal, kita pun gagal dengan mulia. Mengapa kita harus selalu berlindung dibalik semua lenong seperti ini, padahal ketidakpastian adalah suatu hal yang keberadaannya sangat penting di hidup ini? Hubungan antar manusia selalu diawali dengan ketidakpastian. Ketika kita menyerah kepada ketidakpastian, ia akan kemudian memberikan kita kesempatan untuk mempercayai.

Liar mengajak kita semua untuk menyerah kepada ketidakpastian dan meraih kesempatan untuk saling mempercayai.

Info lebih lanjut hubungi Uniph 085725809139

About kedai kebun

Check Also

Pameran Fotografi “Re-Plating Mooi Indie” oleh Fajar Riyanto X Bakudapan Food Study Group

“Re-Plating Mooi Indie” Pameran Fotografi Fajar Riyanto X Bakudapan Food Study Group Pengantar Citra digital …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *