Home / Aktivitas Agung / Milik Nggendong Lali

Milik Nggendong Lali

Pameran tunggal Milik Nggendong Lali (Memiliki, Menggendong, Melupakan) digelar di Richard Koh Fine Art (RKFA), Singapura. Pameran berlangsung 12 Juli – 5 Agustus 2013.


Milik Nggendong Lali menyajikan karya-karya baru dari Agung Kurniawan. Pada pameran ini, Agung mengeksplorasi identitasnya sebagai orang Jawa di Indonesia. Ia lahir dari keluarga dengan suasana yang kental akan kebangsawanan atau priyayi. Jika didefinisikan menurut pemahaman saat ini, priyayi kurang lebih berarti: sebuah keluarga kelas menengah sekuler dari kelompok etnis Jawa, yang memiliki kecenderungan untuk bersandarpada westernisasi. Melalui kebiasaan dan praktik masa kecilnya, Agung memahami budaya Jawa. Dalam pernyataannya, ia merasa bahwa salah satu sifat orang Jawa adalah “menyembunyikan perasaan, menggunakan bahasa tubuh sebagai bahasa utama: bertindak secara simbolis”. Agung juga menyoroti sulitnya mendefinisikan orang Jawa, karena terdapat banyak kepribadian, tergantung pada siapa orang yang sedang dihadapinya.

milik nggendong lali

Java Man Series: My Personalities
Sumber: http://indoartnow.com

Berikut adalah nukilan dari catatan kuratorial Agung Kurniawan: “Karya saya merupakan jalinan kepribadian yang kompleks ini. Identitas budaya dan politik Jawa tidak pernah tetap pada poros yang tunggal. Seperti yang selalu terjadi, ketika dilihatmenurut sudut pandang yang berbeda, beberapa mungkin pandangannya akan tertarik pada “kecanggihan” eksotis budaya Jawa, sementara kelompok yang lebih kecilmungkin dapat melihatnya dengan pandangan yang lebih kritis. Budaya Jawa tersebutserupa dengan keris tumpul yang diselipkanpada punggung orang Jawa, bercokol pada lapisan demi lapisan kepribadian karena kompleksitas budayanya sendiri. Lapisan-lapisan itu adalah yang membuat kepribadian Jawa menjadi unik. Mengacu pada judul di atas, yang kurang lebihberarti: identitas budaya selalu menjadi sesuatu yang dipercayai untuk diamankan (karena merupakan objek), namun seringkali objek ini diambil menjadi milik seorang diri seiring mereka tumbuh dalam kebiasaan dan pembiasaan akan hal itu.” (Sita Sarit)

Sumber:

Agung Kurniawan – Milik Nggendong Lali (Owning Cradling Forgetting)


http://www.artinasia.com/galleryDetail.php?catID=80&galleryID=2225&view=7&eventID=20605

About kedai kebun

Check Also

Performa Otomat

Pergeseran medium dari gambar ke performans dalam karya Agung, meskipun telah terasa semenjak tahun 2009, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *