Indonesia | English

“Meresap di Kedai Kebun” – Proyek seni kolaborasi KKF, Gang Bang Yoi [studio collective stopmotion di Yogyakarta] & Tika Savitri [Penulis] – Pembukaan pameran Senin, 9 April 2012, sampai dengan 28 April 2012, di Ruang Pamer KKF

By • Feb 17th, 2012 • Category: Hari Ini

rz-kedai-kebun-meresap-di-kedai-kebun-gang-bang-yoi-mar-apr-2012-1.jpg  rz-kedai-kebun-meresap-di-kedai-kebun-gang-bang-yoi-mar-apr-2012-4.jpg  rz-kedai-kebun-meresap-di-kedai-kebun-gang-bang-yoi-mar-apr-2012.jpg  rz-kedai-kebun-meresap-di-kedai-kebun-gang-bang-yoi-mar-apr-2012-9.jpg

Kedai Kebun Forum (KKF) bersama Studio Collective Stopmotion di Yogyakarta gang bang yoi dan Tika Savitri (penulis cerita), berkolaborasi dalam projek:

/ Meresap di Kedai Kebun /

Projek ini tentang merespon Ruang Pamer KKF menjadi skenario cerita yang akan diaplikasikan ke dalam video animasi stopmotion

Projek ini dimulai tanggal = 1 Maret – 9 April 2012
dan dipamerkan pada tanggal 9 April – 28 April 2012
di Ruang Pamer KKF

Profil Singkat Tika Savitri

Tika Savitri, perempuan kelahiran Surakarta 1992 ini sedang dalam proses menyelesaikan studinya di Antropologi Budaya, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Kegemaran dan kecintaannya akan menulis dia tuangkan dalam tulisan-tulisannya berupa artikel hasil penelitian dan observasi, cerita fiksi, cerita anak, juga ilustrasi gambar yang terangkum di blognya, berjudul sirkuskelilingku.blogspot.com.

Profil Singkat Gang Bang Yoi
(http://gangbangyoi.blogspot.com)

Berdiri di Yogyakarta, tahun 2010

Beranggotakan :
- Fida Irawanto
- Ign Loyola Aryo
- Ign Ade

Pameran Bersama :
2011     “Crop Cycle”, Galeri Canna, Jakarta, Indonesia

“Silent One Minute Films” for an Urban Public Toronto Urban Film Festival, Toronto,         Canada

“9th Mumia” Mostra Udigrudi Mundial De Animacao, Humberto Mauro Cinema-Palace of     Arts, Belo Horizonte, Brazil

VII Annual Open International Festival of Multimedia Art “Multomograf”, Vologda City,     Russia

Workshop :
2010     Doctor Knows Good “Lion’s Pride”, Proyek animasi bersama Arnold Zwanenburg,     di Papermoon Puppet Studio,   Yogyakarta, Indonesia

Pengantar

Meresap di Kedai Kebun
Stop Motion Project; Fin

Ignatius ade dan Fida irawanto, disatukan oleh karena satu kepentingan, kertarikan pada hal-hal kecil dan detail. Detail is the devil, bagi mereka setan itulah yang menarik. Proyek meresap di Kedai Kebun Forum (KKF) dimulai dengan residensi. KKF menyediakan ruang untuk ke dua seniman ini bekerja. Konsepnya adalah semacam open studio, setiap pengunjung di KKF dapat melihat dua laki-laki ini bekerja, di galeri dan kemudian di ruang kantor yang diubah menjadi studio animasi dadakan. KKF juga memfasilitasi pertemuan dengan seorang penulis muda untuk mengerjakan naskah animasinya.  Model kerja semacam ini juga bukan pertama kali karena KKF juga sudah pernah melakukannya pada proyek-proyek sebelumnya. Penulis dan perupa duduk bersama kemudian bekerja berkolaborasi.

Mereka telah bekerja dengan tekun berhari-hari. Membuat model, menyusun kerangka untuk platisin, membuat set untuk latar. Diakhiri dengan memotret berjuta-juta kali, dalam ruang yang sengaja mereka tutup dengan kain hitam untuk menciptakan kepekatan. Dari ruang itulah mereka membuat benda-benda kecil yang mereka ciptakan bergerak. Stop motion adalah cara untuk membuat animasi yang paling melelahkan (sesungguhnya tidak ada cara yang mudah untuk membuat animasi). Akan tetapi metode ini sepertinya diciptakan untuk mereka. Fida adalah pematung handal dan sejak awal telah tertarik dengan benda-benda kecil, sedangkan Ade adalah pemusik semi elektronik gagal, terobsesi dengan musik- musik galau. Ditambah dengan naskah dari seorang penulis blog muda Tika Savitri.

Tiga orang ini membentuk sebuah jalinan kolaborasi yang aneh; dua laki-laki wagu dan seorang perempuan muda yang sedang bingung mencari bentuk.

Gang Bang Yoi, “perusahaan” animasi yang dinahkodai oleh Ign. Loyola Aryo dan dua laki-laki wagu ini diciptakan dengan semangat otodidak. Mereka berdua tidak pernah belajar secara formal untuk mengenal media ini. Mereka banyak menggunakan bahan-bahan sisa; tidak mungkin membeli bahan baru karena tidak dijual di toko dan kedua harganya terlalu mahal. Animasi dengan benda-benda sisa ini, tidak menjadikan karya mereka semenjana. “kekurangan” itu tak nampak, yang nampak optimisme benda-benda sisa. Sebuah metode kerja khas orang pinggiran. Orang-orang yang terbiasa melihat gelas separuh penuh, orang- orang optimis nan galau.

Meresap di Kedai Kebun, adalah proyek pertama mereka yang dipamerkan. Sebelumnya mereka membuat karya animasi untuk kepentingan kompetisi atau kerjaan. Dalam konteks pameran, maka animasi harus diupayakan dengan pendekatan berbeda. Tidak saja hanya diputar dalam kotak televisi tapi harus juga di make up. Animasi hanya menjadi sebagian kecil dari kerja presentasi dalam galeri, hal lain yang juga penting adalah korelasi antara animasi dengan ruang galeri itu sendiri. Dalam pameran nanti akan juga diperlihatkan proses kerja mereka. Set animasi, catatan-catatan, dan sketsa model. Pameran ini memperlihatkan sebuah kerja kolaborasi dalam waktu satu bulan. Galeri tidak hanya memperlihatkan karya jadi tapi juga remah-remahnya.

Tujuan dari pameran kali ini adalah menunjukkan keragaman media yang sekarang pelan-pelan pergi dari peta seni rupa Yogyakarta. Kita terjebak dalam keranda seni lukis di atas kanvas, Pelan-pelan seni rupa yogyakarta diarak ke kuburan dangkal. Yang tercium cuman bau bangkainya. Peran galeri non mainstream seperti Kedai Kebun Forum adalah pada alternatif gagasannya. KKF tidak pernah punya tedensi komersial jadi bisa dengan santai mewadahi kerja-kerja prosesual dan eksperimentatif semacam ini.

Dari sini diharapkan dapat memberi sumbangsih kecil bagi diskursus seni rupa di Yogyakarta. Semoga Gang Bang Yoi tidak di gangbang pasar seni rupa dulu. Kasihan, mereka masih muda dan bau kencur.

Tika Savitri gadis muda kelahiran Surakarta tahun 1992 ini sedang menyelesaikan studinya di Antropologi Budaya, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Dia jatuh cinta pada tulis menulis dan dituangkannya dalam blog www.sirkuskelilingku.blogspot.com. Dia terpilih menjadi penulis pada proyek ini setelah melalui proses audisi. Ign. Ade dan Fida Irawanto, keduanya lulusan Seni Rupa, ISI, tahun 2010 dan 2008. Lebih lanjut tentang proyek lain mereka, silahkan klik www.gangbangyoi.blogspot.com.

Pameran hasil residensi ini akan berlangsung mulai 9 s.d 28 April 2012. Kedai Kebun Forum buka setiap hari, jam 11.00-23.00, kecuali Selasa, tutup.

Agung Kurniawan
Direktur Artistik Kedai Kebun Forum

Comments are closed.