Home / KKF ART / Diskusi Komik GYMBJ Karya K. Jati

Diskusi Komik GYMBJ Karya K. Jati

20160917-edit-bright-resize-diskusi-komik-oleh-barasub-buku-andalan-6
Foto: Dok. KKF

GYMBJ atau kepanjangan dari God You Must Be joking adalah komik humor satir karya K. Jati alias Kharisma Jati komikus asli Jogja. Isinya sarat kontroversi. Berisi sindiran terhadap agama, Tuhan, eksistensi manusia, pola pikir dan perilaku manusia, kehidupan sehari-hari, dan bahkan seks. Kerap kali tema-temanya diusung dari sudut pandang filsafat. Komik ini lahir dari latar belakang K. Jati yang merasa “gatal” melihat orang saling berprasangka dan melakukan stereotyping. GYMBJ awalnya adalah komik strip yang terbit mingguan di Facebook. Karena kontennya yang menggelitik dan rada berani komik ini kemudian menjadi viral dan populer.

Belum lama komik strip ini dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku melalui jalur indie. Jalur penerbitan indie dipilih K. jati karena merasa kontennya tidak akan bisa diterima oleh penerbit umum atau penerbit arus besar. Dengan jalur indie pula komikus yang menciptakan karakter Gigi Dua, tokoh yang sering mucul dalam komiknya, merasa lebih bebas untuk berekspresi.

Sabtu, 17 September 2016, komik strip yang sudah menjadi buku, GYMBJ, dibedah di Kedai Kebun Forum (KKF) sebagai bagian dari rangkaian acara Buku Andalan yang berlangsung dari tanggal 8-24 September 2016. Diskusi menghadirkan Gus Udin, penggiat buku dan literasi, M. Hadid, kurator Buku Andalan, dan K. Jati selaku penulis. Acara yang lebih kurang dihadiri oleh 50 orang ini mengulas dan membongkar GYMBJ baik dari segi estetika maupun tema.

Meski mengaku caranya berekspresi ini tidak aman dan penuh resiko, karena anggapan yang muncul bahwa komiknya dianggap mengejek agama, mempermainkan Tuhan, bahkan mengatheiskan pembaca, namun tidak membuat K. Jati kehilangan nyali. Dengan komik “usil” ini, seperti Hidup Itu Indah nya Aji Prasetyo, dia mencoba memberi sudut pandang lain, memberi keseimbangan, agar cara pandang seseorang tidak selalu hitam putih. |Yumaya Mija|

About kedai kebun

Check Also

acara-opening

Pop Up Toko Musik “PODOMORO”

Jogja Record Store Club X Kedai Kebun Forum mempersembahkan: “POP UP TOKO MUSIK PODOMORO” 21 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *